Nokia berencana untuk meninggalkan platform sistem operasi Symbian dan menggandeng sistem operasi Microsoft Windows Phone 7 pada smartphone-smartphonemereka yang akan datang. Meski begitu, dari laporan StatCounter, ternyata sistem operasi itu masih jadi nomor satu.

StatCounter, lembaga yang mencatat data trafik Internet mobile menyebutkan, sistem operasi Symbian masih lebih populer untuk menjelajah web dibandingkan iOS atau Android sekalipun.

Dikutip dari GigaOM, 18 Januari 2012,smartphone berbasis Symbian menguasai 33,55 persen penjelajahan internet. Bandingkan dengan iOS yang hanya menguasai 22,61 persen dan Android yang cuma 21,76 persen. BlackBerry OS? Cukup 7,82 persen saja.

Meski begitu, kekuatan Symbian berada di kawasan Asia, Afrika dan Amerika Latin. Di kawasan Amerika Serikat dan Eropa, tampaknya dominasi Symbian sudah mulai sirna karena pengguna umumnya telah beralih ke smartphonedengan sistem operasi lain, seperti iOS dan Android.

Mengingat saat ini masih banyak perangkat Symbian yang masih aktif, tampaknya akan bermanfaat jika Nokia menemukan cara agar para pengguna tersebut bisa dimaksimalkan. Misalnya memindahkan versi OS tersebut ke perangkat Symbian yang ada saat ini, atau menemukan cara cerdas bagi pengguna Symbian untuk beralih ke Windows Phone 7.